Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Kamis, 02 Mei 2013

Mendesain Home Theatre dan Ruang Musik dengan Peredam




Ruang home theatre, ruang karaoke, ruang rapat dan yang lain adalah contoh dariruang kedap suara. selain ditempat-tempat yang memang membutuhkan desainruang kedap suara, seperti tempat karaoke, studio musik, ruang rapat khusus dan lain-lain, ruang kedap suara biasanya terdapat di rumah-rumah mewah, bahkan perkembangan yang terbaru rumah dengan kelas menengahpun sudah disertai dengan ruang kedap suara.
Ruang kedap suara adalah ruang dengan desain khusus bisa meredam suara yang ada didalam ruangan yang diakibatkan karena aktifitas dari ruangan tersebut. Misalnya ruang karaoke, studio musik, home theater dan lain-lain. Didalam ruang-ruang tersebut aktifitas-aktifitas yang dilakukan biasanya menimbulkan suara yang keras sehingga jika ruang-ruang ini tidak direncanakan dengan baik maka akan mengganggu ruang-ruang dan aktifitas yang ada disebelahnya.
Mendesain ruang kedap suara ini memerlukan bahan-bahan atau material-material tertentu untuk meredam suara. material-material ini biasanya bersifat lunak sehingga tidak mudah memantulkan suara. Merencanakan ruangan kedap suara ini, sebaiknya sesuai dengan keperluan pemilik bangunan ataupun rumah terkait untuk apakah ruang kedap suara tersebut.
Bahan-bahan yang digunakan untuk men”desain” ruangan kedap suara ini biasanya adalah :
  • Karpet
  • Gypsum
  • Parquet
  • Kain
  • Glasswool
  • Panel kedap suara
Bahan-bahan ini bisa diaplikasikan menjadi pelapis dinding, plafong, pintu dan lantai ruangan kedap suara.
Gaya desain dari ruangan kedap suara ini bisa diseuaikan dengan keinginan sang pemilik dan peruntukan ruangan tersebut. Tetapi yang paling diutamakan dari desain ruangan kedap suara ini adalah faktor kenyamanan ruangan tersebut.
Identifikasi ruangan kedap suara berfungsi optimal jika ruangan tersebut tidak mengganggu orang yang ada di luar ruangan. Oleh karena itu, perencanaan yang baik harus dilakukan pada segala sisi ruangan baik lantai, dinding, plafond dan pintu.
Demikian, sedikit ulasan tentang ruangan kedap suara. Selamat mencoba.

0 komentar:

Posting Komentar